Monday, October 24, 2016

Wisata Alam Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul


Destinasi Wisata Magelang Jogja - Bagi para pecinta alam, mengunjungi tempat wisata yang menyajikan pemandangan yang indah serta menakjubkan adalah suatu keharusan. Salah satunya adalah menikmati pemandangan dari ketinggian. Nah di Yogyakarta, tepatnya di Daerah Nglanggeran Gunung Kidul terdapat sebuah Gunung yang bernama Gunung Nglanggeran. Gunung ini merupakan satu-satunya Gunung Api Purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan Magma sekitar 60 Juta tahun lalu.

Legenda Gunung Api Purba :
Bukit Nglanggeran konon merupakan tempat menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang. Asal kata nglanggeran adalah nglanggar yang mempunyai arti melanggar. Pada ratusan tahun yang lalu, penduduk desa sekitar mengundang seorang dalang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen. Akan tetapi para warga desa melakukan hal ceroboh. Mereka mencoba merusak wayang si dalang. Dalang murka dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran.Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga. Warga sekitar mengatakan bahwa menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon, beberapa orang memilih semedi di pucuk gunung. Di Gunung Nglanggeran ini pula warga pernah menemukan arca mirip Ken Dedes. (Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia)
Berdasarkan penelitian, gunung api ini merupakan gunung berapi aktif sekitar 60 Juta tahun lalu. Gunung Nglanggeran berasal dari Gunung Api Dasar laut yang naik atau terangkat dan menjadi daratan jutaan tahun lalu. Gunung ini memiliki bebatuan menjulang tinggi, biasanya dijadikan untuk jalur pendakian serta dijadikan tempat untuk bertapa bagi warga sekitar. Nama puncak gunung tersebut biasa disebut Gunung Gedhe. Ketinggiannya kurang lebih sekitar 700 MDPL (Meter Dari Permukaan Laut). Luas kawasan pegunungan ini mencapai 48 Hektar.
Selain itu, di kawasan wisata ini kalian dapat juga mengunjungi Embung Nglanggeran. Embung ini merupakan bangunan kolam seperti telaga yang terletak sekitar 500 MDPL (Meter Dari Permukaan Laut) dengan luas Embung sekitar 5.000 Meter Persegi. Embung ini berfungsi untuk menampung air hujan dan mengairi kebun buah yang berada di sekitar Embung. Selain itu fungsi Embung ini untuk mengairi sawah di saat musim kemarau tiba. Untuk naik ke Embung pengunjung dapat menaiki tangga. Setelah sampai diatas, pada sisi embung pengunjung dapat melihat matahari terbenam serta melihat Gunung Api Purba dari sisi seberang Embung.
Di kawasan ini juga tersedia Wisata Alam seperti Outbond dll juga.

Rute/Perjalan menuju Puncak Bukit Gunung Api Purba :
Untuk mencapai puncak Gunung Api Purba Wisatawan kurang lebih dapat menumpuhnya sekitar 2 jam. Perjalanan tersebut melewati lorong-lorong bebatuan yang lumayan sempit. Selain itu untuk mendaki bukit-bukit kecil membutuhkan tali. Selain itu terdapat banyak petunjuk, jadi wisatawan tidak perlu khawatir tersesat. Saya menyarankan sebelum ke tempat ini, siapkan fisik untuk mendaki ke puncak Gunung Api Purba.

Berapa Biaya Tiket Masuk Kawasan Gunung Api Purba?
Untuk info paket bisa mengunjungi situs resminya Disini!

Berikut adalah foto-foto yang diambil dari Kawasan Gunung Api Purba :





Demikian yang dapat kami tulis tentang Wisata Alam Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul.



Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home