Saturday, October 29, 2016

Cari Foto Sunset dan Sunrise Keren? Ke Sukmojoyo Hill Saja!

Destinasi Wisata Magelang & Jogja - Magelang tak henti menyuguhkan lokasi untuk berselfie dan berfoto ria yang indah. Salah satu tempat yang bagus untuk spot foto Sunrise dan Sunset adalah di Punthuk Sukmojoyo selain Punthuk Stumbu yang sudah dikenal oleh wisatawan Lokal maupun Mancanegara. Punthuk Sukmojoyo ini terbilang baru, namun sejak di buka dan foto-foto mulai tersebar melalui Medsos (Instagram, Fb dan Twitter) lambat laun tempat ini mulai dikunjungi banyak wisatawan lokal. Untuk melihat foto-foto yang sudah berkunjung ke tempat ini, silahkan search di Instagram dengan hastag (#sukmojoyo).
  • Sejarah Punthuk Sukmojoyo
Punthuk Sukmojoyo, diambil dari nama salah satu pemuka Agama di daerah Magelang. Ialah Gus Galih Sukmojoyo, yang masih merupakan keturunan Kyai Muhammad Solehyang merupakan guru besar Pangeran Diponegoro. Sebelumnya makam Kyai Muhammad Soleh tidak ada di bukit ini, namun masih di daerah Borobudur dan dipindahkan oleh Gus Galih Sukmojoyo ke bukit atau punthuk ini. Alasan atau latarbelakang Gus Galih memindah makam leluhurnya itu adalah karena Gus Galih diminta langsung oleh leluhurnya lewat mimpi untuk memindahkan makamnya ke sebuah bukit. Dipindahkanlah makam Kyai Muhammad Soleh ke bukit ini, yang kemudian diberi nama pubhtuk atau bukit ini menjadi Sukmojoyo.  Maksut nama Sukmojoyo sendiri berasal dari kirotoboso Sukmo atau sukma yang berarti jiwa, sedangkan Joyo berarti jaya. Jadi maksutnya adalah jiwa yang jaya karena ketika sahabat disini akan ingat dengan kematian. Sahabat bisa ziarah juga, atau mengikuti acara ziarah rutin setiap malam jumat kliwon yang menjadi agenda masyarakat sekitar.
Ditempat ini Pangeran Diponegoro dan pasukannya mengintai pasukan Belanda yang berada di Pos Mati yang terletak dibawahnya. Dan jika pasukan Belanda berhasil naik ke bukit atau punthuk Sukmojoyo maka Pangeran Diponegoro akan naik ke Punthuk Mongkrong pangruating bumi yang berada lebih tinggi dari Sukmojoyo.
Dimana Alamat/Lokasi Punthuk Sukmojoyo?
Punthuk Sukmojoyo adalah sebuah bukit di Pegunungan menoreh dengan ketinggian kurang lebih 400-450 MDPL(Meter Dari Permukaan Laut), lokasi ini terletak di Dusun Krinjing, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur.
Rute Ke Punthuk Sukmojoyo?
  • Dari Terminal Borobudur
Dari Terminal borobudur silahkan ke arah utara, sampai menemukan pertigaan Bu Sum (dekat pintu masuk mobil ke Candi Borobudur), kemudian belok kanan kemudian belok kiri lurus terus sampai menemukan perempatan kedua (Perempatan Seganan), kemudian ambil kanan, lurus sampai ke Perempatan Gonden, setelah itu belok kiri sampai Terminal Kalitengah, dari situ kalian belok kanan, setelah terminal kalitengah ini rute yang ditempuh cukup ekstrim, jadi saran saya sebelum ke lokasi Kendaraan yang kalian pakai untuk menuju ke Lokasi dalam kondisi baik, ikut jalur tersebut sampai menemukan Petunjuk jalan ke Arah Punthuk, jika bingung silahkan tanya warga sekitar, mereka dengan Ramah akan menunjukkan jalannya. Sedikit info, untuk masuk ke Area Parkir Punthuk Sukmojoyo hanya bisa dilewati motor saja, karena jalan ke lokasi cukup sempit. Tambahan info, dari lokasi parkir, kalian masih harus berjalan sekitar 15-20 menit untuk mencapai lokasi Punthuk Sukmojoyo. Itung-itung Wisata sambil olahraga kan? hehehe.
Berapa Biaya Masuk Lokasi Punthuk Sukmojoyo?
Untuk biaya kalian hanya dikenakan biaya parkir (Rp. 2000). Kemudian sampai di lokasi akan dikenakan biaya seikhlasnya untuk biaya perawatan. Cukup murah untuk Pemandangan yang cukup Indah dari Hamparan bukit Menoreh, Kawasan Candi Borobudur dan Sunset serta Sunrise yang akan membayar segala rasa lelah berjalan menuju lokasi.
Saran, ketika berkunjung ke tempat ini berkunjunglah pada pagi Hari dan Sore hari untuk mendapat spot foto Sunrise dan Sunset yang indah.
Berikut adalah beberapa foto yang diambil dari Instagram dengan Hastag (#Sukmojoyo) :





Jangan lupa baca juga : Wisata Alam Plus Selfie Sunset & Sunrise di Punthuk Mongkrong Giritengah Magelang
Demikian yang dapat kami tulis tentang Cari Foto Sunset dan Sunrise Keren? Ke Sukmojoyo Hill Saja! 
Semoga bermanfaat!
Cintailah Daerahmu Dengan Mengunjungi Wisata Di Sekitarmu!

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home